bakorwil4@jatimprov.go.id -

Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi serta Pembinaan dan Pengembangan Pelayanan Perpustakaan Desa/Kelurahan se-Wilayah Kerja Bakorwil Pamekasan Tahun 2021

Pamekasan - Dalam rangka mendukung program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, Bakorwil Pamekasan mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi serta Pembinaan dan Pengembangan Pelayanan Perpustakaan Desa/Kelurahan se-Wilayah Kerja Bakorwil Pamekasan bertempat di ruang EJSC, (Rabu, 28/10/2021). Acara dibuka oleh Plt. Kepala Bidang Pemerintahan Drs. Rahmat Hidayat, S.Sos, M.M. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa perpustakaan masih memiliki peranan penting di era digital sekarang, sehingga diharapkan setiap OPD dapat memiliki ruang perpustakaan sendiri.

Materi pertama disampaikan oleh Sugeng Wahyu Ariyadi, S.Sos, M.M. dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. "Perpustakaan pada saat sekarang ini harus berkegiatan, tidak lagi hanya meminjamkan buku, artinya bagaimana membuat perpustakaan desa menjadi pusat kegiatan di desa", terangnya. Materi kedua disampaikan Kusairi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pamekasan. Menurutnya, saat sekarang ini perlu dilakukan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial agar tingkat kunjungan perpustakaan dapat meningkat, dimana sebelumnya hanya berjumlah kurang dari 1% kunjungan pada seluruh perpustakaan di Indonesia, selain itu juga sebagai upaya penguatan literasi masyarakat.

Perpustakaan desa mempunyai peran penting dalam peningkatan literasi masyarakat sehingga diharapkan ada sinergi dari perpustakaan desa, Dinas Infokom, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa setempat untuk menjadikan perpustakaan desa sebagai pusat kegiatan.(bkw4)