bakorwil4@gmail.com (0324) 322318

Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Penggerak Olahraga Masyarakat Se Madura

Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Penggerak Olahraga Masyarakat Se Madura dilaksanakan tanggal 14 Desember 2022 bertempat di Ruang Rapat Trunojoyo Bakorwil IV Pamekasan dengan pimpinan kegiatan adalah Bapak Kepala Bidang Kemasyarakatan Bakorwil IV Pamekasan, Narasumber dari Universitas Negeri Surabaya dan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur . Rapat Koordinasi ini dimulai dengan sambutan dari Bapak Kepala Bidang Kemasyarakatan Bakorwil IV Pamekasan. Beliau menyatakan Bakorwil IV Pamekasan  akan melaksanakan monitoring dan evaluasi ke titik terbawah, yaitu Desa untuk melihat dari dekat kegiatan relawan POM, bagaimana upayanya untuk mendorong masyarakat agar gemar berolahraga secara rutin dan berkelanjutan, sehingga terwujudnya "JATIM SEGER" atau Jawa Timur Seneng Bergerak bisa tercapai  .

Narasumber dari Universitas Negeri Surabaya membawakan materi dengan tema "Pengembangan Olahraga Masyarakat dalam Perspektif Rekreasi dan Prestasi". Sesuai dengan arahan Bapak Presiden RI, Olahraga sebagai instrumen penting pendidikan karakter, memperkokoh jiwa Patriotisme, dan Nasionalisme serta meningkatkan produktifitas masyarakat. Terdapat 5 sasaran Desain Besar Olahraga Nasional, yaitu Partisipasi aktif masyarakat berolahraga, partisipasi siswa dan mahasiswa yang aktif berolahraga, prestasi olahraga dunia melalui program pembinaan jangka panjang, perkembangan industri olahraga, dan tata kelola pengembangan dan pembinaan olahraga nasional yang modern, sistematis, sinergis, akuntabel, berjenjang, dan berkelanjutan.

Narasumber dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur membawakan materi dengan tema "Possitioning Relawan Penggerak Olahraga Masyarakat". Pemerintah Pusat dan Daerah mempunyai hak mengarahkan, membimbing, membantu, dan mengawasi penyelenggaraan keolahragaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Pemerintah Provinsi Jawa Timur membuat program inovasi, yaitu Gerakan Jatim Seger atau Jawa Timur Seneng Gerak. Program POM (Penggerak Olahraga Masyarakat) adalah intervensi Pemerintah Daerah untuk mempercepat pembudayaan olahraga di masyarakat dan merupakan bagian dari gerakan Jatim Seger dan manivestasi Gerakan AYO OLAHRAGA.