May 12, 2021

Rapat Sinkronisasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup di Pantai Tahun 2016

2 min read

DSCN1111Pamekasan –  Pencemaran lingkungan hidup di daerah pantai merupakan masalah besar yang harus segera diselesaikan bersama karena menyangkut keselamatan, kesehatan, dan kehidupan  kita.  Untuk  menyelesaikan masalah  pencemaran tersebut,  tentunya harus mengetahui sumber pencemar, bagaimana proses pencemaran terjadi, serta bagaimana langkah penyelesaian pencemaran lingkungan.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka Bakorwil Pamekasan mengadakan Rapat Sinkronisasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup di Pantai Tahun 2016 yang diikuti oleh Badan Lingkungan Hidup(BLH), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan serta Dinas Pengairan Kabupaten / Kota se wilayah kerja Bakorwil Pamekasan pada hari Selasa, 15 Maret 2016.

Kepala Bakorwil Pamekasan, Bapak Dr. H. Asyhar, M.M dalam sambutannya menyampaikan bahwa Birokrasi harus selalu hadir di tengah masyarakat karena mempunyai tugas dan tanggung jawab terhadap permasalahan SDA dan Lingkungan Hidup di Pantai yang  terjadi di  masyarakat. Melalui kegiatan rapat Sinkronisasi  ini diharapkan ada rekomendasi yang tepat  sehingga  permasalahan  yang terjadi dapat diselesaikan dengan baik.

Rapat sinkronisasi yang dihadiri oleh narasumber Bapak  Ir. Wahyu Widya Laksana Nugroho, MM (Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur),  mengungkap data dan fakta bahwa permasalahan yang terjadi sekarang adalah: Kerusakan ekosistem pesisir/laut; Penurunan stock sumberdaya ikan; Kemiskinan dan disparitas pembangunan di wilayah pesisirdan pulau-pulau kecil dan Kompleksitas pemanfaatan ruang laut/ pesisir sehingga kedepannya diperlukan Program-program unggulan dalam pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup.

Di akhir kegiatan rapat, disepakati bahwa perlu penyusunan tindakan-tindakan penyelamatan pantai oleh Kabupaten / Kota  dengan cara  melibatkan  masyarakat lokal dalam pengawasan laut dan pesisir pantai sehingga permasalahan  Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup di Pantai pada masing-masing Kabupaten / Kota dapat terselesaikan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *