RAKOOR DAN EVALUASI KETERISIAN DATA SIPD TAHUN 2015

SIPD(Bakorwil4, 28 Desember 2015) Berdasarkan Permendagri Nomor 8 Tahun 2014, Sistem Informasi Pembangunan Daerah selanjutnya disingkat SIPD adalah suatu sistem yang mendokumentasikan, mengadministrasikan, serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat dan bahan pengambilan keputusan dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, evaluasi kinerja pemerintah daerah, merupakan suatu sistem jaringan yang mengumpulkan data secara terpadu di daerah dan pusat sebagai dukungan dalam perencanaan dan evaluasi pembangunan.
SIPD berfungsi sebagai sebuah jejaring dalam pengumpulan data secara terpadu, realtime dan online di pusat dan daerah dengan menggunakan teknologi informasi, sebagai dukungan dalam perencanaan program dan kegiatan serta evaluasi pembangunan daerah secara rasional, efektif dan efisien. Tentunya Sistem informasi tersebut dapat juga digunakan untuk mendukung integrasi pemanfaatan data terkait dengan perkembangan pembangunan pada masing-masing instansi pemerintah.
Dalam perkembangannya di wilayah Bakorwil Pamekasan sendiri untuk keterisian data Kabupaten/Kota sampai dengan akhir bulan November 2015 terhitung masih rendah dengan rincian : Kabupaten Bangkalan 2,27%; Kabupaten Sampang 1,45% ; Kabupaten Pamekasan 3,81% ; Kabupaten Sumenep 38,63% ; Kabupaten Gresik 37,72% ; Kabupaten Sidoarjo 41,29% dan Kota Surabaya 0,85%. Permasalahan ini terjadi diakibatkan oleh Sumber Daya Manusia yang kurang berkompeten, serta sistem koordinasi antar wilayah yang cukup rumit dan kurangnya dukungan terhadap pentingnya data
Dalam upaya evaluasi keterisian data pada Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan Pamekasan menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Keterisian Data Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) Tahun 2015. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bakorwil Pamekasan Dr. Asyhar, M.M.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterisian data SIPD di masing-masing Kabupaten/Kota se wilayah kerja Bakorwil Pamekasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *