Koordinasi dan Sosialisasi East Java Super Coridor (EJSC) dan Millenial Job Centre (MJC)

Pamekasan – Wakil Gubernur Jatim menghadiri acara Koordinasi dan Sosialisasi East Java Super Coridor (EJSC) dan Millenial Job Centre (MJC), di gedung Bakorwil Pamekasan, Senin (25/11/2019).

Dihadapan ratusan peserta yang hadir, Wakil Gubernur Jatim menjelaskan, MJC adalah program untuk memperkuat networking millenial di Jawa Timur, termasuk di Madura.

“Sekarang saya tanya, siapa yang ingin kerja? Lalu, perusahaan mana yang akan menerima milenial yang tidak memiliki pengalaman kerja?” tanya Emil pada peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa dan komunitas digital asal Bangkalan hingga Sumenep.

“Tidak adil kan, millenial ingin kerja tapi perusahaan tidak mau menerima pegawai yang tidak berpengalaman,” lanjut Emil.

MJC adalah jawaban dari kondisi itu, sambung Emil. Dalam MJC, millenial akan dipertemukan dengan para mentor yang selanjutnya akan mengerjakan proyek-proyek dari klien. Mentor yang akan menjamin kualitas millenial setalah medapatkan sentuhan mentoring dan optimalisasi talentanya.

Dengan begitu, millenial bisa bekerja secara freelance. “Freelance itu bekerja bebas, mengatur jam sendiri dan kapasitas kerjanya sendiri,” terang Emil. Emil yakin anak Madura memiliki banyak potensi, terutama millenial yang memiliki ekosistem berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya.

”Pekerja lepas yang bukan pekerja serabutan, tapi pekerja yang juga berilmu dan memiliki profesionalisme,” terangnya.

Emil mengatakan bahwa anak-anak muda pada umumnya punya bekal yang cukup untuk berkarir. Utamanya untuk membangun start up. Menurut Emil, MJC ini menjadi salah satu program yang memang dikembangkan untuk para start up di kalangan milenial.

”Kalau di MJC ini tidak mendorong seseorang bekerja kepada perusahaan atau membuka usaha dengan modal yang butuh modal besar, tetapi menjadi wadah untuk melatih seseorang untuk menjadi pekerja bebas yang profesional dengan memberikan pengetahuan dan membekalinya dengan kemampuan,” ungkapnya.

Dia mengatakan bahwa pihaknya akan mempertemukan milenial dengan mentor dan klien. Untuk kemudian menjalin komunikasi dalam hal peningkatan networking kerja kaum milenial.

Setelah memberikan penjelasan, Emil membuka acara yang kemudian dilanjutkan dengan talkshow MJC terkait coworking dan mentoring.