GUBERNUR JAWA TIMUR GELAR RAPAT KERJA DI BAKORWIL PAMEKASAN

BAKORWIL PAMEKASAN – Gubernur Jawa Timur bersama Bupati se Madura Menggelar Rapat Koordinasi di Bakorwil Pamekasan, Selasa (19/2/2019).

Dengan membawa jajaran Kepala OPD Provinsi Jawa Timur yang mempunyai program di Madura, Gubernur Jawa Timur menjaring rekomendasi para kepala daerah se Madura dengan tujuan perumusan RPJMD.

“Hari ini saya dan Mas Emil bagi tugas, saya hadir dalam rakor dengan para bupati se Madura bersama para OPD yang menurunkan program di Madura. Sedang Mas Emil rapat bersama bupati se Bakorwil Bojonegoro,”.

Empat pimpinan daerah se-Madura tersebut hadir secara langsung, Bupati Sumenep A Busyro Karim, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, Bupati Sampang Ach. Junaidi, dan Bupati Bangkalan R. Latif Amin Imron.

Dalam rapat tetsebut,  Bupati Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep menyampaikan masing-masing program prioritasnya agar bisa diakomodir dalam program Pemerintah Provinsi selama lima tahun ke depan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Bangkalan mengusulkan agar di wilayahnya ada balai pelatihan kerja mini agar anak-anak Bangkalan yang baru lulus sekolah memiliki keahlian dan tidak berorientasi menjadi TKI dan TKW.

Begitu juga Sumenep, pada Gubernur Jatim, Bupati Sumenep, mengusulkan agar Sumenep dijadikan sebagai kawasan ekonomi khusus pariwisata.

Sedangkan untuk Sampang, salah satu yang menjadi rekomendasinya adalah penanganan banjir di perkotaan dan pembangunan jalan lingkar selatan didorong penyelesaiannya agar bisa meningkatkan ekonomi Sampang khsuusnya di wilayah Srepang.

“Dari rapat ini paling tidak saya ingin mendengar dari bupati se Madura relomendasinya. Rekomendasi strategis yang sudah disampaikan nanti kita follow up bersama Sekda dan Beppeprov,” kata Khofifah. Supaya masuk dan bisa terancang dalam RPJMD Pemprov Jatim lima tahun ke depan.

Dalam rakor tersebut Gubernur Jawa Timur juga menegaskan tentang pencairan bosda Madin pada kepala daerah se Madura. Termasuk SPP Gratis untuk SMA/SMK negeri dan swasta di Jatim.

“Bosda Madin tahun ini sudah ada. Dan nilainya bahkan lebih besar dari tahun lalu. Maret nanti kita secara simbolis akan serahkan ke madrasah di Madura,” tegas Khofifah.

Menurut Kepala Bakorwil Pamekasan, Alwi menjelaskan, rapat kerja Gubernur bersama Bupati se-Madura ini untuk membahas percepatan pembangunan di wilayah Madura.

“Gubernur meminta seluruh bupati menyampaikan gagasan program di tiap kabupaten yang dinilai urgen, sehingga bisa cepat dilaksanakan,” Pungkasnya (Bkw4)