Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan Pamekasan, Jl.Slamet Riadi No.1 Pamekasan telp.(0324) 322138, 322316 Fax. (0324) 326737 email : bakorwilpamekasan@yahoo.co.id

PROSES PRA MUSRENBANG DI BAKORWIL PAMEKASAN MENUJU MUSRENBANG RKPD PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2013

Ir. Eddy Santoso, MM

Pra Musrenbang di Bakorwil Pamekasan dalam rangka mendukung pencapaian target kinerja Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) maupun target kinerja Daerah dalam melaksanakan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan dengan seluruh lapisan masyarakat wilayah kabupaten/kota dan berbagai potensi yang serta  keragaman sosial yang bercirikan budaya khas kabupaten/kota untuk menghasilkan perencanaan pembangunan yang mampu mengakomodasi aspirasi segenap unsur stakeholder pembangunan di kabupaten/ kota tahun 2013 yang berkualitas. ( Ir. Eddy Santoso, MM Kepala Bakorwil Pamekasan)

Kepala Bakorwil  Pamekasan Ir, Eddy Santoso, MM ketika pidato pembukaan membuka kegiatan     Pra Musrenbang di Aula Bakorwil Pamekasan.

Pamekasan – Sebagai mana kita ketahui proses panjang yang harus dilalui dalam rangka penyusunan RKPD Propinsi Jawa Timur dimulai  Musrenbang Tingkat Desa/Kelurahan, Musrenbang Kecamatan hingga musrenbang Kabupaten /Kota pada awal Januari hinggga akhir Maret 2012, maka selanjutnya masuk   ke forum  Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan Provinsi Jawa Timur Tahun 2012  yang  berfungsi sebagai forum SKPD, sebagai salah satu kesatuan sistem perencanaan di maksud untuk melakukan proses  Prioritas Rancangan Awal RKPD Provinsi Jawa Timur Tahun 2013. diharapkan akan mampu menghasilkan filtrasi partisipatif. Rancangan RKPD 2013 yang didalamnya memuat substansi berbagai kebijakan, program dan kegiatan yang diusulkan melalui belanja APBD Provinsi. Dengan kerangka waktu pelaksanaan Pra Musrenbang Provinsi tersebut, diharapkan mampu menghasilkan struktur program partisipatif dan diharapkan akan mampu menterjemah bahkan instrument-instrument prioritas untuk menghasilkan struktur program yang solutif terhadap persoalan yang dihadapi saat ini. Pelaksanaa kegiatan ini dilaksanakan kemarin hari Rabu (04/4)     di aula Bakorwil Pamekasan yang  dibuka oleh Kepala Bakorwil Pamekasan Ir. Eddy Santoso, MM. Pada kesempatan ini Eddy Santoso mengatakan bahwa “  Musrenbang di Bakorwil Pamekasan dalam rangka mendukung pencapaian target kinerja Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) maupun target kinerja Daerah dalam melaksanakan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan dengan seluruh lapisan masyarakat wilayah kabupaten/kota dengan berbagai potensi yang ada dan keragaman sosial yang bercirikan budaya khas kabupaten/kota untuk menghasilkan perencanaan pembangunan yang mampu mengakomodasi aspirasi segenap unsur stakeholder pembangunan   di kabupaten/ kota tahun 2013 yang berkualitas.

Kepala Bakorwil  Pamekasan Ir, Eddy Santoso, MM ketika membuka Pra Musrenbang di damping Kepala Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan Bappeprov. Yuniarni, SH, M.Si di Aula Bakorwil Pamekasan.

Dalam kesempatan tersebut Kepala  Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan  Bappeprov Jawa Timur  Yuniarti, SH, M.Si mengatakan Kedudukan Pra Musrenbang Propinvi Jawa Timur ini diposisikan sebagai  forum penyelarasan program dan kegiatan  sesuai dengan tugas dan fungsi  SKPD  provinsi berdasarkan  usulan  Program hasil Musrenbang  Kabupaten/Kota serta forum penajaman indicator dan target kinerja  program dan kegiatan sesuai tugas dan fungsi SKPD provinsi, semuanya bermuara pada target keluaran sebagai berikut  : Pertama, short list input program/kegiatan super prioritas usulan kabupaten/kota yang diferifikasi dengan memperhatikan 3 (tiga) instrument penting yaitu lingkup kewenangan, dukungan kepada target kinerja utama RPJMD Provinsi  Tahun 2009 -2014 baik pertumbuhan ekonomi, Peningkatan Indek Pembangunan Manusia, Penurunan jumlah Penduduk Miskin, Penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka, serta Indeks Disparitas Wilayah, dan dukungan kepada kenerja pemerintah terutama efektifitas dan efesiensi proses layanan public dan feformasi birokrasi. oleh karena itulah kami harapkan nantinya ada program – program penanganan yang sinergis antara Pemerintah kabupaten / Kota, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, maupun masyarakat.

Selanjutnya Eddy Santoso mengatakan saya berharap dari pelaksanaan Pra Musrenbang ini dapat dilakukan sinkronisasi dan integrasi dengan prioritas Kabupaten / Kota, program ataupun kegiatan yang sesuai dengan situasi dan kondisi Kabupaten / Kota serta karakteristik masing – masing daerah. Pra Musrenbang ini disamping menghasilkan usulan – usulan tertulis, juga dapat memberikan masukan tentang hal – hal yang harus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang menyangkut kewenangannya dalam Wilayah Kerja Bakorwil Pamekasan.

Tampak Peserta utusan dari tujuh Kabupaten/ Kota dengan serius mengikuti jalannya Pra Musrenbang.

 

Selanjutnya pembahasan kegiatan Pra Musrenbang dibagi dalam beberapa kegiatan pokok antara lain ;

Kegiatan Pra Musrenbang Provinsi Tahun 2012 terdiri dari 2 sesi, yaitu :

1. Sesi I :

Desk Sidang Pleno terdiri dari :

-          Pembukaan oleh Kepala Bakorwil Pamekasan;

-          Pengarahan dan Paparan Prioritas RKPD Provinsi Jawa Timur Tahun 2013 oleh Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur ;

2. Sesi II :

Desk Sidang Kelompok terdiri dari 3 (tiga) Bidang, antara lain :

(1)  Kelompok I (Bidang Ekonomi ) : Pembahasan prioritas usulan Kabupaten/Kota dengan instrument-instrumen prioritas pada Rancangan Awal RKPD 2013 yang diikuti oleh Bappeda Kabupaten/Kota sebagai aspirator, SKPD Provinsi lingkup ekonomi sebagai pembahas dan Kepala Bidang Ekonomi dan Staf sebagai pembahas. Keluaran dari siding ini adalah penyepakatan prioritas kegiatan yang telah ditandai pada kertas kerja (format yang dicetak dari portal) yang masing-masing peserta (aspirator, pembahas dan bakorwil) menambahkan paraf pada kertas kerja dimaksud untuk selanjutnya dibawa oleh masing-masing peserta. Tindak lanjut di system, akan dilaksanakan oleh BAPPEDA dan BAKORWIL.

(2)  Kelompok II (Bidang Prasarana Wilayah ) : Pembahasan prioritas usulan Kabupaten/Kota dengan instrument-instrumen prioritas pada Rancangan Awal RKPD 2013 yang diikuti oleh Bappeda Kabupaten/Kota sebagai aspirator, SKPD Provinsi lingkup praswil dan pengembangan regional sebagai pembahas dan Kepala Bidang Praswil dan Bidang Regional dan Staf sebagai pembahas. Keluaran dari siding ini adalah penyepakatan prioritas kegiatan yang telah ditandai pada kertas kerja (format yang dicetak dari portal) yang masing-masing peserta (aspirator, pembahas dan bakorwil) menambahkan paraf pada kertas kerja dimaksud untuk selanjutnya dibawa oleh masing-masing peserta. Tindak lanjut di system, akan dilaksanakan oleh BAPPEDA dan BAKORWIL.

(3)  Kelompok III (Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan ) : Pembahasan prioritas usulan Kabupaten/Kota dengan instrument-instrumen prioritas pada Rancangan Awal RKPD 2013 yang diikuti oleh Bappeda Kabupaten/Kota sebagai aspirator, SKPD Provinsi lingkup bidang pemas dan STALP sebagai pembahas dan Kepala Bidang Pemas dan STALP serta Staf sebagai pembahas. Keluaran dari sidang ini adalah penyepakatan prioritas kegiatan yang telah ditandai pada kertas kerja (format yang dicetak dari portal) yang masing-masing peserta (aspirator, pembahas dan bakorwil) menambahkan paraf pada kertas kerja dimaksud untuk selanjutnya dibawa oleh masing-masing peserta. Tindak lanjut di system, akan dilaksanakan oleh BAPPEDA dan BAKORWIL.

Usulan kegiatan Kabupaten / Kota yang telah disepakati berdasarkan instrument prioritas yang sepakati pada sidang kelompok untuk selanjutnya dipergunakan sebagai bahan Musrenbang Provinsi Jawa Timur, yang akan dilaksanakan pada tanggal 09 – 10 April 2012    di Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Peserta Pra Musrenbang Provinsi Jawa Timur Tahun 2012 di tingkat Bakorwil Pamekasan ini terdiri dari . Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kepala Bappeda dan SKPD terkait Kabupaten/Kota   di Wilayah Bakorwil Pamekasan. Selamat dan sukses …… (dewanto )

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.